BerandaProgram Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Program Bina Lingkungan

Program Bina Lingkungan memiliki latar belakang untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar lokasi operasional dan lokasi proyek Perseroan serta lingkungan tempat tinggal masyarakat setempat. Tujuan program ini adalah untuk mencegah kerusakan lingkungan alam tempat operasional Perseroan, serta untuk meningkatkan kualitas lingkungan tempat tinggal masyarakat setempat di dalam kerangka pembangunan manusia seutuhnya.

Program yang telah dilaksanakan adalah dengan mengimplementasikan Sistem Pengelolaan Limbah Terpadu yang dikenal sebagai sistem “Upaya Kelola Lingkungan & Upaya Pemantauan Lingkungan” (UKL dan UPL). Usaha untuk menjaga kualitas lingkungan hidup telah dapat memenuhi standar internasional yaitu dengan diperolehnya Sertifikat ISO 14001:2007 – Environmental Management System. Kepatuhan terhadap ISO 14001:2007 – Environmental Management System dipantau oleh departemen Safety, Health & Environment (SHE).

Program Peningkatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Program – program yang dilaksanakan di dalam Program Peningkatan K3 meliputi :

Pelaksanaan Sistem Tanggap Darurat

Perseroan menyediakan sarana dan prasarana K3 seperti fasilitas pemadam kebakaran serta Alat Pelindung Diri (APD) dan melakukan perawatan rutin dan melakukan tes kehandalan untuk menjamin bahwa semua sarana dan prasarana K3 tersebut dapat digunakan bilamana dibutuhkan.

Penerapan K3 scorecard

Penerapan ini dilakukan untuk mengukur kinerja pelaksanaan K3.

Sosialisasi K3

Melakukan sosialisasi dan training K3 kepada seluruh lapisan karyawan termasuk Direksi agar budaya sadar K3 melembaga.

Program Kemitraan dan Pengembangan Sosial Budaya

Program – program yang dilaksanakan di dalam Program Peningkatan K3 meliputi :

1. Melibatkan masyarakat setempat melalui koperasi ataupun pengusaha kecil setempat untuk menjadi sub-kontraktor
lokal, untuk kegiatan-kegiatan yang dapat dikerjakan oleh mereka.
2. Memberikan pelatihan manajemen moderen kepada pengusaha kecil setempat yang memiliki potensi untuk berkembang.
3. Memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat setempat untuk menjadi karyawan dan pekerja pada
proyek-proyek Perseroan.

Program Peningkatan Keamanan Produk dan Jasa

Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas produk dan jasa, diantaranya adalah tingkat pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan di atas, di samping penerapan system manajemen mutu itu sendiri. Telah menjadi komitmen Perseroan bahwa Keamanan Produk dan Jasa yang dihasilkan merupakan suatu keharusan yang tidak dapat ditawar. Sebagai landasan pelaksanaan komitmen tersebut, Perseroan telah meraih ISO 9001:2015- Management Quality. Selain itu, Perseroan juga memiliki Quick Response Unit (Call Center) sebagai sarana bagi konsumen ataukaryawan proyek untuk menyampaikan informasi tentang keluhan terhadap alat berat yang digunakan di dalam proyek.